Sabtu, 17 November 2012

Agar Keuangan Terorganisasi dengan Baik

GRESIK - Beberapa hal dalam hidup juga harus dipersiapkan dan diorganisasi. Baik dalam pekerjaan agar semua tugas selesai sesuai waktu dan target, serta di rumah agar saat kembali ke rumah dari kantor Anda merasa nyaman dengan rumah yang teratur, juga dalam hal keuangan. Kiat praktis berikut ini bisa membantu Anda agar keuangan lebih terorganisasi dengan baik.

1. Catat pengeluaran. Rajin mencatat pengeluaran setiap harinya membuat Anda tahu pos mana yang perlu ditambah atau dikurangi. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.

2. Buat pos keuangan. Supaya tidak boros dan bisa menabung, buatlah pos-pos keuangan. Bedakan antara pengeluaran untuk makan, transportasi, belanja bulanan, maupun shopping. Jangan lupa siapkan juga untuk pengeluaran tak terduga.

3. Liburan happy. Yang satu ini juga tidak boleh dilupakan. Rencanakan liburan Anda dengan pengaturan finansial yang tepat, mulai akomodasi hingga soal shopping. Menyiapkan dana tak terduga juga perlu. Tapi jangan berlebihan jika tak ingin menyesal di kemudian hari.

4. Manfaatkan online banking. Online banking adalah cara yang baik untuk mengendalikan keuangan Anda. Transfer antar rekening dapat dilakukan dengan mudah, bahkan terencana jika memang Anda kerap melakukan transfer rutin untuk pembayaran tertentu. Cara ini memudahkan Anda untuk mengawasi rekening karena semua transaksi teratur dan tercatat dengan baik.

5. Alarm pengingat. Set alarm pengingat di ponsel terkait hari penting misalnya, ulang tahun pasangan, hari jadi pernikahan, ulang tahun teman baik atau anggota keluarga Anda, satu minggu sebelum hari itu. Dengan pengaturan yang baik, Anda punya waktu yang cukup untuk mempersiapkan atau membeli barang atau hadiah yang dibutuhkan untuk merayakan hari istimewa ini.

(Majalah Chic/Christofiana Rosa)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar