Senin, 19 November 2012

3 Hal Penting Agar Siap Bersaing di Dunia Kerja

GRESIK- Begitu memasuki semester akhir perkuliahan, kita sudah harus mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Seperti adaptasi baru di tiap jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga bangku perkuliahan, dunia kerja juga merupakan dunia baru dengan berbagai “kejutan”.  
Persaingan di dunia kerja saat ini sangatlah tinggi. Tidak hanya bersaing secara lokal, kita pun harus mempersiapkan diri bersaing dengan tenaga kerja global. Jika tidak mampu mengatasi persaingan yang ada di dunia kerja, dengan mudah kita akan tersingkir.
 
Namun, tidak perlu khawatir karena kita masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Lantas, apa saja sikap yang dibutuhkan untuk mampu bersaing di dunia kerja? Berikut hal mendasar yang patut diketahui kawula muda selaku fresh graduate di dunia kerja, seperti dikutip dari buku 13 Cara Menyusun CV dan Surat Lamaran Kerja karya Wulandari Setyaningrum dan RN Superteam, Jumat (16/11/2012).
 
Cara Pandang
 
Sebagai fresh graduate tidak jarang kita sering dianggap sebelah mata oleh para senior di kantor. Namun, jangan biarkan hal itu mengintimidasi kita. Meski terbilang anak baru, jangan mau kalah dengan rekan kerja lainnya. Percaya diri alias pede aja kita punya kemampuan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Buka diri untuk setiap perubahan dan keinginan untuk terus belajar dari rekan kerja maupun atasan.
 
Tingkatkan Kemampuan
 
Saat mendaftarkan diri pada sebuah lowongan pekerjaan, sudah selayaknya kita mengetahui dengan pasti apa yang menjadi kelemahan dan kekurangan kita. Setelah mengevaluasi diri dan menyadari kekurangan tersebut, teruslah berusaha untuk meningkatkan kemampuan dan meminimalisasi kekurangan. Cara mudah untuk meningkatkan kemampuan adalah dengan membaca sehingga dapat memperluas pengetahuan dan informasi terkini. So, jangan takut mencoba hal baru untuk mengeksplorasi kemampuan yang kita miliki. Terutama di bidang teknologi, karena perusahaan tidak mengingingkan karyawan yang gagap teknologi alias gaptek.
 
Inovatif dan kreatif
 
Untuk mampu bersaing di era kompetitif ini, kawula muda harus senantiasa bersikap inovatif dan kreatif. Dengan terus mengasah daya kreativitas dan inovatif, peluang kita untuk mendapatkan pekerjaan akan terbuka semakin lebar. Bahkan, kita dapat menciptakan peluang kerja baru daripada sekadar mencari pekerjaan.
 
Selamat mencoba!
(mrg)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar