Minggu, 06 Januari 2013

Twitter Terketat jaga privasi

Situs online mana yang paling komit untuk melindungi data usernya?  Electronic Frontier Foundation (EFF) melakukan penilaian terhadap sejumlah perusahaan teknologi raksasa seperti Google, Twitter, dan Facebook, berdasarkan hak perlindungan user.
Mereka melakukan ujicoba pada terms of service, kebijakan privasi, representasi publik, advokasi, dan rekam jejak pengadilan terhadap 18 perusahaan teknologi besar.  Penghargaan diberikan pada perusahaan yang paling transparan menjelaskan kepada user mengenai perlindungan data, dan mempertahankan privasi user hingga ke pengadilan.
Masing-masing perusahaan dinilai berdasarkan empat kategori.  Pertama, apakah mereka memberitahu user mengenai permintaan akan data mereka. Kedua, apakah cukup trasparan mengenai hak pemerintah untuk meminta data. Ketiga, apakah mereka membela hak user di pengadilan. Keempat, apakah mereka membela privasi user hingga ke tingkat konggres.
Tahun ini, pemenangnya adalah Twitter. Perusahaan tersebut dinilai memiliki poin tertinggi dalam hal mempertahankan hak-hak usernya. Twitter meraih 3,5 bintang emas.  Peringkat kedua diduduki oleh Dropbox, dengan 3 bintang emas.
Skype, Myspace dan Verizon tidak mendapat satu bintang pun.  Yang mencengangkan adalah Foursquare, situs social media berbasis lokasi ini juga tidak mendapat bintang sama sekali. Menurut penilaian EFF, informasi lokasi mengalami peningkatan pengawasan oleh pihak pemerintah. User Foursquare benar-benar tidak mendapat perlindungan berarti dari pihak Foursquare.
Facebook, sebagai situs social media dengan jumlah user paling tinggi, hanya mendapatkan 1,5 bintang saja. Yang menjadi isu, Facebook dan Apple akan lebih banyak terintegrasi di masa mendatang.  Ini berarti aka nada data yang mereka share bersama.  [Internet Sehat]

Tidak ada komentar :

Posting Komentar