Kamis, 31 Januari 2013

pengguna twitter tumbuh, kalahkan facebook

[Internet Sehat]   Facebook boleh saja menjadi social media dengan user terbanyak di dunia. Tapi tunggu dulu, Twitter adalah social media dengan pertumbuhan user tercepat di muka bumi. Mengalahkan Facebook dan Google+. Demikian studi terbaru yang dilakukan Global Web Index, sebuah sindikasi layanan riset market seputar perilaku online dan social media.
Pertumbuhan jumlah aktif user Twitter melonjak 40% sejak kuartal kedua hingga kuartal keempat 2012. Ini setara dengan 288 juta aktif user per bulannya. Definisi aktif yang dipakai adalah mereka yang berkontribusi pada postingan di Twitter dalam sebulan terakhir.
Pada bulan Juli 2009, ketika dicatat bahwa Twitter hanya memiliki 35,7 user aktif saja. Tapi sejak itu, social media dengan pembatasan karakter postingan ini telah mengalami lonjakan luar biasa, 714%. Para user yang sudah bergabung pun tidak pasif, melainkan cukup banyak terlibat. Kini diperkirakan terjadi pertambahan 59% user aktif yang cukup rajin berkicau di Twitter setiap bulannya. Jika dikaji, maka 21% dari seluruh populasi dunia adaah pengguna aktif Twitter.
Apa yang membuat Twitter lebih berkembang pesat dalam hal pertumbuhan jumlah user ketimbang social media lain? Kemungkinan adalah aplikasi ini cukup ringan, mudah diinstal di ponsel, mulai dari ponsel paling sederhana, hingga smartphone. Dengan begitu maka setiap pengguna ponsel dapat tetap terhubung ke teman-teman Twitter-nya dimana dan kapan saja. Para klien Twitter pun tersedia dalam banyak opsi, disesuaikan dengan kebutuhan dan selera user.
Selain itu penggunaan Twitter juga dinilai sangat sederhana, tidak serumit social media lain. Faktor lain, Twitter tidak terlalu mengekspos profil penggunanya seperti Facebook. Setiap user hanya dibatasi memamerkan profil dalam biodata singkat. Hal ini membuat usernya merasa sedikit lebih aman dalam hal privasi ketimbang social media lain yang mengekspos data pribadi terlalu banyak.
[Internet Sehat]

1 komentar :