Senin, 17 Desember 2012

Efek Psikologis Dihapus Teman di Facebook

Ilustrasi oleh Didik Muliadi
[Internet Sehat]  Bagaimana rasanya dihapus dari friend list Facebook teman, atau di-unfriend, atau di-unfollow? Apakah rasanya sama seperti ditinggalkan teman di dunia nyata? Inilah yang diteliti oleh ilmuwan Chapman University, Jennifer L. Bevan, Jeanette Pfyl dan Brett Barclay.  Menurut mereka, semakin sering kita menggunakan Facebook atau social media lain, makin sensitif lah perasaan kita merespon perilaku teman di dunia maya.
Mengalami putus hubungan pertemanan, walau hanya di Facebook, cukup membuat seseorang tersakiti, demikian menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Computers in Human Behavior tersebut. Ini merupakan pertamakali dilakukan penelitian mengenai konsekuensi psikolgis akibat putusnya hubungan pertemanan di jejaring sosial.
Ada faktor lain yang mempengaruhi rasa sakit seseorang akibat di-unfriend:
-          Seberapa dekat kita dengan orang yang menghapus kita dari daftar temannya.
-          Apakah kita paham mengapa kita di-unfriend?
-          Siapa yang awalnya mengajukan friend request?
Para ilmuwan juga mengukur seberapa jauh persepsi orang tentang kenapa mereka di-unfriend, apakah karena terlalu sering update status, atau melakukan komentar kasar. Mereka juga ditanyai seberasa sedih mereka di-unfriend, dan apakah ia kenal baik dengan pelakunya di dunia nyata.
”Penggunaan Facebook yang intens mengartikan bahwa si user sangat tergantung pada hubungan pertemanan dengan teman-teman Facebook-nya. Maka jika mengalami putus hubungan, emosi negatif yang ditimbulkan akan lebih besar,” para ilmuwan menyimpulkan.
Perasaan sakit akan lebih terasa apabila teman yang memutuskan hubungan adalah teman yang melakukan friend request lebih dulu. Rasanya seperti dicampakkan setelah diterima. Yang paling menyakitkan adalah jika mereka di-unfriend oleh orang yang memiliki hubungan dekat, misalnya anggota keluarga, teman dekat, dan pacar.  [Internet Sehat]
Sumber artikel: readwriteweb.com/

Tidak ada komentar :

Posting Komentar