Kamis, 06 Desember 2012

Cara Dahlan Iskan pilih anak buah



Beberapa waktu lalu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dikabarkan merombak pejabat di lingkungan kementeriannya. Sebelumnya, Dahlan juga 'gemar' mengobrak-abrik jajaran direksi perusahaan BUMN.
Dahlan menunjuk orang yang menurut penilaiannya layak duduk di jajaran petinggi kementerian maupun perusahaan BUMN. Bagaimana cara Dahlan memilih anak buahnya?
Dahlan mengaku, dalam memilih anak buah, dia tidak sembarangan menunjuk orang."Melihat Integritas dan antusias itu sangat penting dalam memilih Direktur Utama BUMN, kalau ada keduanya perusahaan akan maju dan tidak adanya korupsi," ujar Dahlan saat acara Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi 2012 di Jakarta, Rabu (05/12).
Menurut Dahlan, jika direktur utama sudah memiliki kedua sifat tersebut maka dijamin semua karyawannya akan bekerja dengan baik. Menurut Dahlan, untuk mewujudkan perusahaan yang bersih, faktor terpenting adalah orang di pucuk pimpinan perusahaan pelat merah.
"Kami fokus pembenahan dirut, jika dirutnya benar maka mayoritas semuanya benar," tegasnya.
Mantan dirut PLN ini punya cara untuk menguji dan melihat integritas calon anak buahnya. Dia mengaku perlu melakukan investigasi dan melihat lebih dalam rekam jejak (track record) calon anak buahnya yang akan dipercaya memegang perusahaan BUMN.
"Selain itu sounding, dengan bertanya-tanya dengan orang disekitarnya. Perusahaan tidak bisa maju dengan orang yang hanya memiliki integritas, sehingga diperlukan antusias," katanya.
[noe]

Tidak ada komentar :

Posting Komentar