Sabtu, 09 Februari 2013

Tentang SPSS

Pengantar SPSS
SPSS adalah salah satu program-program bantu statistika. Program-program bantu yang lain adalah MICROSTAT, TSP, dan sebagainya. Statistic sendiri diartikan sebagai kumpulan data yang berwujud angka-angka.
Beberapa menu utama yang penting dalam SPSS adalah sebagai berikut:
1.      File, berisi fasilitas pengelolaan atau manajemen data dan file.
2.      Transform, digunakan untuk memanipulasi data.
3.      Analyze, digunakan untuk menganalisis data.
4.      Graph, digunakan untukmemvisualkan data.
5.      Utilities, digunakan berkaitan dengan utilitas dalam SPSS.
Fungsi SPSS
Salah satu keunggulan SPSS sebagai salah satu software statistik adalah fasilitas transformasi variabelnya yang dapat dilakukan secara mudah seperti program-program spreadsheet lainnya (misalnya Excel).
Variable Independen
(X) variable ini juga desebut variable stimulus, predictor, dan variable bebas. Yaitu variable yang menjai sebab perubahan atau timbulnya variable dependen. Dinamakan variable stimulus karena member stimuli/rangsangan sehingga terjadi akibat dari stimuli tersebut. Dan dikatakan predictor karena variable ini dapat digunakan untuk memprediksi variable akibat.
Variable Dependen
(Y) atau variable output, criteria, konsekuen, dan variable terikat yaitu variable yang dipengaruhi atau menjadi akibat karena adanya variable bebas. Misalnya perbedaan pengetahuan politik (Y) berdasarkan tingkat pendidikan (X).
Uji Klasik
Uji asumsi klasik adalah persyaratan statistik yang harus dipenuhi pada analisis regresi linear berganda yang berbasis ordinary least square (OLS). Jadi analisis regresi yang tidak berdasarkan OLS tidak memerlukan persyaratan asumsi klasik, misalnya regresi logistik atau regresi ordinal. Demikian juga tidak semua uji asumsi klasik harus dilakukan pada analisis regresi linear.
Uji T
Uji t digunakan untuk mengetahui apakah variabel-variabel independen secara parsial berpengaruh nyata atau tidak terhadap variabel dependen. Derajat signifikansi yang digunakan adalah 0,05. Apabila nilai signifikan lebih kecil dari derajat kepercayaan maka kita menerima hipotesis alternatif, yang menyatakan bahwa suatu variabel independen secara parsial mempengaruhi variabel dependen.
Uji F
Uji F digunakan untuk mengetahui apakah variabel-variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Derajat kepercayaan yang digunakan adalah 0,05. Apabila nilai F hasil perhitungan lebih besar daripada nilai F menurut tabel maka hipotesis alternatif, yang menyatakan bahwa semua variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen.
Uji Z
Uji Z sama halnya dengan Uji T, namun Uji Z digunakan jika ragam (variance) populasi diketahui.
Populasi
Populasi menunjuk sekumpulan orang atau objek yang memiliki kesamaan dalam satu atau beberapa hal dan yang membentuk masalah pokok dalam suatu riset khusus. Populasi yang akan diteliti harus didefinisikan dengan jelas sebelum penelitian dilakukan.
Populasi dapat terbatas dan dapat pula tidak terbatas (tak terhingga). Populasi tak terhingga disebut jugapopulasi teorik atau populasi statistik.
Sampel
Sampel merupakan bagian atau sejumlah cuplikan tertentu yang diambil darisuatu populasi dan diteliti secara rinci. Informasi yang diperoleh kemudian diterapkan pada keseluruhan populasi. Jadi, sampel adalah semacam miniature (mikrokosmos) dari populasinya. Meskipun demikian, sampel tidak selalu menggambarkan populasi secara sempurna. Selalu saja ada distorsi, walaupunsampel tersebut telah diupayakan untuk ditentukan atau diambil sesistematis mungkin. Untuk meminimisasi distorsi, maka sampel harus benar-benar  mewakili populasi asalnya.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar