Jumat, 01 Februari 2013

mobile blogging dengan 4 jurus simpel

[Internet Sehat] Ingin blog Anda dibaca di mana saja dan kapan saja? Kini orang tak lagi mengakses blog hanya dari laptop atau PC, melainkan juga tablet dan smartphone. Bagi para blogger, ini menguntungkan. Sebab setiap mereka mempromosikan link blognya, baik itu di Twitter atau Facebook, berarti siapa saja bisa membacanya.
Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika blog Anda ingin diakses secara mobile. Ya, layar smartphone atau tablet yang tidak sebesar laptop dan PC membuat user butuh tampilan blog yang pas untuk dibaca. Untuk itu para blogger juga harus memperhitungkannya. Apa saja yang harus diperhitungkan?
1. Periksa plug in blog Anda
Bagi engine blog seperti WordPress terdapat plug in yang bisa ditambahkan agar blog Anda tersedia dalam versi mobile. Versi mobile akan lebih ringan dan mudah diakses dari perangkat mobile, sebab memang khusus dirancang untuk itu. Versi mobile menyesuaikan tampilan dengan layar ponsel, sehingga lebih nyaman dibaca.
2. Tambahkan pada HTML
Jika Anda mempunyai HTML blog atau web, tambahkan konfigurasi HTML agar blog Anda tersedia dalam versi mobile dan web. Dengan begitu pengunjung yang mengakses dari perangkat mobile akan otomatis menuju ke versi mobile blog Anda. Tapi tetap ada opsi untuk memilih versi web jika mereka menginginkan.
3. Jangan pakai flash
Hindari penggunaan flash, sebab flash tidak selamanya bisa diakses dari smartphone. Selain itu flash juga akan membuat blog berat diakses, sehingga membuat pengunjung frustasi dan malas mengunjungi blog Anda.
4. Sertakan konten penting lain
Pembaca blog dari ponsel atau tablet yang berlayar kecil tidak selamanya ingin berlama-lama membaca blog Anda. Apalagi jika blog tersebut terlalu panjang. Rasanya melelahkan membaca blog dari layar yang kecil. Maka sertakan konten penting di blog Anda, sehingga mereka merasa tidak sia-sia mengakses blog dari layar mungilnya.
Happy blogging!
[Internet Sehat]
Sumber artikel: leonspencer.com/ Sumber gambar: chasesagum.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar