Sabtu, 17 November 2012

Musim Hujan, Mahasiswa Pantang Sakit

GRESIK- Pagi hari kita berangkat kuliah dengan cuaca begitu cerah. Tiba-tiba di tengah jalan, di atas motor kita terguyur hujan deras padahal sedang tidak mengenakan jas hujan. Ini tandanya musim pancaroba sudah mulai menunjukkan kuasanya.


Mereka yang tidak memiliki daya tahan tubuh (imunitas) kuat, bisa jadi akan langsung sakit begitu menghadapi situasi tadi. Perubahan cuaca yang tiba-tiba, apalagi ditambah kelelahan karena harus sering bergadang mengerjakan tugas-tugas kuliah, merupakan kombinasi mematikan untuk membuat kita terkapar sakit.


Sakit apa pun pasti tidak mengenakkan, terlebih bagi mahasiswa rantau. Hidup jauh dari orangtua berarti kita juga harus mandiri ketika sedang sakit. Tetapi, tidak jarang, kita bingung harus berbuat apa.


Nah, mulai sekarang, mari kita belajar merawat diri sendiri ketika sakit. Enggak usah bingung, The Campus Companion, Kamis (15/11/2012) punya tipsnya;


Siapkan perangkat "P3K"   


Bahkan ketika kita sehat, siapkan seperangkat benda yang akan membantu kita di saat sakit. Perlengkapan ini bisa berupa kotak yang berisikan obat-obatan, tisu, sup instan, obat batuk, dan benda lainnya yang mungkin kita perlukan ketika sakit.


Tentu kita enggak mau keluar rumah kos hanya untuk membeli barang-barang tersebut ketika sakit, kan? Selain itu, siap sedia seperti ini juga akan mempersingkat masa sakit kita.


Istirahat, istirahat, istirahat


Jadwal yang padat, teman sekamar yang sering mengganggu, dan kehidupan sosial yang begitu menarik, tentu akan membuat kita kesulitan mengambil waktu untuk rehat sejenak. Tetapi ingat, jika tidak berisitirahat, sakit kita malah akan semakin parah, atau akan berlangsung lebih lama. Tubuh kita butuh menyembuhkan dirinya ketika kita sakit, dan istirahat adalah cara terbaik untuk mencapai kesembuhan itu.


Minum banyak cairan


Cairan akan merehidrasi tubuh kita, dan menjaganya tetap sehat. Pastikan untuk minum cukup cairan, bisa berupa air putih, sup, atau jus buah. Ketika sakit, kita boleh saja minum susu hangat, tetapi batasi jumlahnya karena susu dapat merangsang produksi lendir di tenggorokan.


Makan sehat


Pola makan sehat selalu penting, dan lebih penting lagi ketika sedang sakit. Jika kita tinggal di asrama yang tidak menyediakan dapur, atau keadaan tidak memungkinkan kita untuk memasak makanan sendiri, maka cobalah mengonsumsi banyak buah dan sayuran. Kedua jenis makanan ini mengandung banyak vitamin yang akan membantu kita lebih cepat pulih.


Minum obat


Kuncinya adalah meminum obat yang tepat, dengan dosis yang tepat, dan waktu yang tepat pula. Jangan sembarangan minum obat tanpa memperhatikan kandungannya. Kita harus pintar dalam urusan minum obat ketika sakit.


Jika meminum obat pasar, pastikan kita mengikuti petunjuk penggunaannya, atau berkonsultasilah dengan dokter.


Pergi ke dokter


Tiap kampus biasanya memiliki pusat kesehatan mahasiswa yang berada di sekitar wilayah kampus. Memang malas nian rasanya bangkit dari tempat tidur dan memaksakan diri berkonsultasi dengan dokter di sana. Tetapi hal ini akan sepadan, kok. Apalagi jika ternyata penyakit yang kita rasa lebih serius dari yang kita duga.


Selain itu, jika dokter menyuruh kita istirahat, maka dia akan memberikan surat keterangan sakit untuk kita berikan kepada dosen. Ingat ya, jika sang dokter memberikan resep obat, pastikan kita menebus obat tersebut dan meminumnya sesuai dosis dan aturan minum yang ditentukan. Bahkan, di saat kita merasa sudah baikan sekali pun.


Hubungi dosen

Jika sakit yang kita rasa membuat kita harus absen kuliah, maka akan lebih baik jika kita memberi tahu langsung dosen pengampu mata kuliah. Kita bisa menelepon atau mengiriminya email di awal masa sakit ketimbang muncul beberapa hari kemudian meminta tolong agar boleh ikut kuis susulan.


Cara ini akan menunjukkan kepedulian kita pada perkuliahan, dan tidak lantas membuat kita terlihat seperti ingin membolos. Para dosen pun akan lebih mudah menolong kita jika kita menghubungi mereka lebih dahulu.


Coba belajar

Enggak ada salahnya kok belajar sedikit demi sedikit meski sedang sakit, apalagi jika kita sakit menjelang masa ujian. Kita enggak mau nilai-nilai kita turun, kan? Tapi ingat, jangan diforsir, ya!


Beberapa hal ini dapat membantu kita terhindar dari sakit:

- Rajin cuci tangan

- Rutin bersihkan kamar

- Tidur cukup, minimal delapan jam sehari

- Jangan berbagi gelas atau alat makan dengan orang lain

- Jangan berdekatan dengan teman yang sakit

- Tetap terhidrasi.(rfa)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar